Wednesday, February 17, 2010

Report of PLP FKIP UIKA Chapter 1

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Salah satu sektor pembangunan yang mendapatkan perhatian cukup besar dari pemerintah kita adalah sektor pendidikan yang mana bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Pendidikan mengandung arti yang sangat luas dilihat dari berbagai sudut pandang. Pendidikan dilihat dari aspek sosial, pendidikan sebagai usaha pewarisan dari generasi ke generasi. Sedangkan dari aspek budaya, sebagai usaha pemindahan pengetahuan dan nilai-nilai kepada generasi berikutnya. Pendidikan dari aspek tingkah laku mengartikan pendidikan sebagai perkembangan kapasitas individu secara optimal. Terakhir pendidikan dilihat dari sudut pandang ekonomi sebagai usaha penanaman modal insani dan pembinaan kader bangsa.
Dengan demikian, guru merupakan salah satu komponen penting yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru dituntut harus memilki pengetahuan yang luas dalam penguasaan materi, pemilihan metode pembelajaran, keterampilan dalam memanage kelas dan inovasi-inovasi baru yang akan menunjang keberhasilan proses pembelajaran.
Untuk menjadi guru yang professional dibutuhkan tidak hanya loyalitas tetapi juga intelektualitas. Guru yang professional adalah guru yang mau mengembangkan dirinya dan mau berubah kearah yang lebih baik dalam proses belajar mengajar. Mengajar itu sendiri mengandung arti, usaha pemberian bimbingan kepada siswa untuk belajar. Dengan kata lain mengajar adalah menciptakan lingkungan dan berbagai kemudahan bagi siswa. Selain itu seorang guru juga harus mempunyai kompetensi kepribadian, paedagogik, dan professional di era ilmu pengetahuan dan teknologi dan guru harus mau merubah pola pikir. Oleh karena itu teori-teori belajar mengajar, mengelola kelas, serta administrasi pendidikan lainnya harus dikuasai oleh guru.
Sasaran utama Program Studi pendidikan bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan calon guru yang berkualitas dan profesional di bidangnya. Bagi calon guru, teori saja tidak cukup sebagai bekal mengajar, oleh karena itu dibutuhkan observasi dan terjun secara langsung ke sekolah untuk melihat proses belajar mengajar di kelas serta mendapatkan informasi mengenai perangkat pendidikan proses belajar yang lengkap dan benar. Dengan alasan tersebut maka ditetapkanlah Program Latihan Profesi sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memahami lebih jauh praktek KBM dan administrasinya.
Program Latihan Profesi (PLP) bagi mahasiswa calon guru merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh instansi pencetak calon tenaga pendidikan. PLP adalah sebuah program yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidang pembelajaran Bahasa Inggris dan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan baik.
Program Latihan Profesi (PLP) diharapkan dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengetahui serta mempraktekan proses pembelajaran secara langsung. Pengalaman tersebut sangat diperlukan sebagai bekal untuk menjadi guru yang kompeten.

1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dilaksanakannya Program Latihan Profesi (PLP) adalah untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mempraktekan ilmu yang diperolehnya secara langsung di sekolah.
Adapun tujuan Program Latihan Profesi (PLP) adalah sebagai berikut :
1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikan secara langsung proses pembelajaran Bahasa Inggris terutama di lingkungan sekolah formal secara langsung.
2. Dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama masa kuliah baik dalam pembelajaran bahasa Inggris maupun administrasi sekolah dalam dunia pendidikan yang sebenarnya.
3. Mengembangkan mental calon guru untuk terjun dalam dunia pendidikan yang akan menjadi wahana pengabdiannya dimasa yang akan datang.

1.3. Landasan Pelaksanaan
Program Latihan Profesi (PLP) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dilaksanakan atas dasar :
1. Undang-undang Nomor.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
2. Peraturan Pemerintah Nomor. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
3. Kurikulum FKIP UIKA Bogor Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan beban 4 sks.
4. Surat keputusan dekan FKIP UIKA BOGOR. SK/023 /K.12/FKIP-UIKA/2010.

1.4. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pelaksanaan Program Latihan Profesi (PLP) meliputi: bentuk kegiatan, materi, waktu dan lamanya serta pelaksanaan dan pembimbingan kegiatan.
1. Bentuk kegiatan PLP
Para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris selain diarahkan untuk menjadi fasilitator pembelajaran Bahasa Inggris di kelas, juga mempelajari permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, permasalahan peserta didik, serta hal-hal yang berhubungan dengan sekolah pada umumnya.
2. Materi kegiatan PLP
a. Melakukan observasi
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan observasi pengajaran Bahasa Inggris di kelas serta kelengkapan instrumen mengajar yang ditetapkan di sekolah tempat pelaksanaan praktik.
b. Mahasiswa melakukan persiapan proses pembelajaran.
c. Melaksanakan praktik pembelajaran dan evaluasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan jurusan.
d. Menangani permasalahan persekolahan dan memperhatikan masalah peserta didik di sekolah dan membantu menanganinya. Kegiatan ini dapat dilakukan pada saat mahasiswa mendapat giliran piket, dan bekerja sama dengan pihak disekolah.
3. Jumlah Pertemuan Kegiatan
Jumlah pertemuan kegiatan pelaksanaan PLP ditetapkan minimal 8 kali pertemuan. Selain itu mahasiswa wajib melaksanakan piket yang mana disesuaikan dengan jadwal piket sekolah selama kegiatan PLP berlangsung. Di akhir kegiatan, peserta PLP diwajibkan membuat laporan kegiatan PLP.

1.5. Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pembahasan pada laporan ini, maka dibuat ikhtisar secara garis besar tentang sistematika pembahasan yang terdiri dari:

Bab I Pendahuluan
Bab ini membahas tentang latar belakang, maksud, dan tujuan, landasan pelaksanaan, ruang lingkup kegiatan PLP, serta sistematika penulisan laporan PLP itu sendiri.

Bab II Orientasi dan Observasi Sekolah
Bab ini membahas mengenai sejarah singkat berdirinya lokasi kegiatan PLP, prasarana dan sarana, keadaan guru dan administrasi sekolah, kurikulum, bimbingan konseling, keadaan sekolah serta struktur organisasi di SMA Negeri 10 Bogor.

Bab III Pelaksanaan Praktik Keguruan
Pada bab ini dibahas tentang persiapan pelaksanaan PLP serta kegiatan praktik belajar mengajar yang dilaksanakan kurang lebih selam satu bulan.

Bab IV Penutup
Bab ini berisi kesimpulan akhir dari hasil kegiatan, serta saran yang akan berguna bagi perbaikan dan koreksi sekolah untuk masa mendatang.

Lampiran
Lampiran berisi seluruh bukti fisik berupa data dan keterangan lain baik primer maupun sekunder yang diperoleh selama kegiatan PLP di SMA Negeri 10 Bogor.

No comments: